19 Maret 2012

Terkadang

Betapa mudah kadang kita menilai dan memberi asumsi kepada sikap, pemikiran atau tindakan orang lain di sekitar kita. Padahal jelas-jelas kita tidak tahu apa niatnya, apa alasannya, mengapa seperti itu dan bagaimana setelahnya.

Pagi ini. Usai tausyiah tentang Ilmu Waris. Kemudian dilanjut dengan Halaqoh yang membahas tentang Nama-Nama Allah (Asmaul Husna). Ada debat panjang, ada diskusi hangat hingga melebar ke shahih tidaknya hadist, diskusi tentang "kehati-hati an" dalam melakukan amal dan ibadah. Seru. Ramai seperti biasa ^_^

Setelahnya kemudian mendapatkan pencerahan dari seseorang yang dalam kapasitasnya sekarang menjadi seorang pimpinan. Beliau mengatakan :
1. Tak ada yang luput dari takdir Allah. Pekerjaan Allah sangat sempurna pada setiap kehidupan kita. Entah itu kejadian celaka, sakit, mendapat rezeki, mendapat ilmu, mendapat kemudahan, mendapat kesulitan. Selalu sempurna.

2. Berprasangka baik lah. Karena hati yang bersih adalah hati yang bisa peka dengan setiap kesalahan yang kita lakukan dan kemudian kita langsung segera bertaubat dari lisan, kata hati dan perbuatan kita. Ciri dosa adalah resah dan gelisah.

3. Hakikat dari semua peristiwa, kejadian maupun takdir yang terjadi pada diri kita. Segala sesuatunya adalah tarbiyah/pelajaran agar kita semakin dekat dengan Allah. Kadang kita dielus dengan nasihat dan tetap bandel, kadang kita diberi nasehat yang agak keras, tapi tetap bandel. Kemudian Allah menguji kita dengan "tamparan" yang lebih keras agar kita sadar bahwa kita salah, bahwa kita sombong, bahwa kita tuh makhluk yang lemah. Semua karena cinta Allah pada kita.

Huhuhu...sedihnya. Merasa bahwa kita kuat dan kemudian lalai minta tolong pada Allah. Merasa bahwa kita sudah berilmu banyak, padahal belum tentu berkah, merasa bahwa kita paling menderita sedunia, padahal masih banyak yang Allah uji dengan ujian yang lebih berat.

Ah, hidup...semua penuh campur tangan dari Allah..

Rabb...lindungi kami dari setiap kesalahan sekecil apapun..Amiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar