18 November 2011

provokator

Ini dia orang yang paling dihindari...provokator. Dalam konteks yang negatif memang perlu dan amat sangat dihindari jenis orang yang melabeli dirinya sebagai provokator.
Duh, padahal saya teh orang jenis ini juga yeuh, kumaha atuh ya? Hehe...

Sengaja saya melabeli diri dengan "provokator", tak lain dan tak bukan karena faktor lingkungan kerja yang mendukung juga untuk 'mikir kritis' dan 'bersuara kritis'. Landasan terbesarna adalah karena terlalu banyak harapan yang dibangun, dan kenyataan belum terealisasi, bisa juga karena perbedaan sudut pandang akan sesuatu, sehingga jika ada sesuatu hal yang menurut kita :
" Ga banget deh!", 
"Wah padahal bisa dicari solusi lain."
"Kok mikirna gitu ya, kenapa ga gini aja."

Nah, saya juga bingung..apa beda berfikir kritis, provokator, dan sotoy alias sok tahu ^_^
Hm..hmm..let see! 

Itu teh saya banget...beneran..saya suka berfikir kritis..jadi provokator dan asli sok tahu ( haha). 
Kritis karena para pimpinan saya dulu di beberapa tempat kerja mendidik untuk  mampu mikir, untuk baca, untuk peka dengan sekitar, untuk ngeh dengan kondisi. Kita dibebaskan untuk bicara dan bertindak asal bertanggungjawab. Lahirlah the new me..gw yang tukang kritik..(lho, apa bedanya dengan kritis ya..nya eta we lah...hehe).

Saya suka jadi provokator..soalna kalo dibilang motivator, da tidak merasa ( hahay). Maksudnya, kalau ada teman yang butuh advice/saran, atau cuma curhat, atau sharing apa saja..bagian saya adalah ngomporin..biar dia berfikir out of mind nya..biar dia mikir the other side nya, biar dia punya second opinion nya. 
Contoh ya : ada teman yang ngeluh aja banyak kerjaan...(saha nya), gw sih cuma bilang,"Target aja lu mau berapa lama kerja, setiap kerjaan yang dikasih kerjakan maksimal, sampai lu jadi ahli..nah pas lu keluar, pan udah punya keahlian, walaupun bukan bidang kerjaan lu!" itu bentuk motivasi atau apa saya juga belum ngerti banget. Pokonya, saya mendorong dia untuk manfaatin capenya dia buat jadi professional..

Sok tahu! Iya, kadang ( atau sering yak?), saya suka begitu. Belum selesai orang ngomong, langsung ditanggepin, nyambung emang. Tapi bikin bete tuh..dan akibatnya saya jadi bikin ga enak orang ( hiks ). Tapi da di fikir-fikir, obrolan saya emang bener, saran juga tepat. Nah, sok tau bukan ya? ( mau ngeles.com ah, haha).

3 hal itu bikin hidup saya lebih berwarna...tapi juga kadang bikin menderita. Secara orang lain bete juga di provokatori, atau mual dengan sifat kritis saya atau malah eneg dengan sok tahunya saya.
Saya mah berharap 3 hal itu teh jadi positif saja. Kritis yang berilmu+bertanggungjawab ( bukan omdo sj). Provokator ke arah perubahan lebih baik (amiin), dan sok tahu karena punya dasar/dalil/landasan jelas, bukan asbun..

That's the new me for this decade ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar